Temen tiba-tiba WA pinjem duit? Hati-hati, barangkali penipu.

“Assalamualaikum” sapa temen saya singkat via aplikasi Whatsapp Messenger. No history chat sebelumnya dengan ybs. Tumben. Tiba-tiba WA. Ada apakah? Sepertinya ada yang janggal.

Tak perlu basa-basi panjang “punya uang direkening ga” ketiknya tanpa tanda tanya. Benar saja. Cuman pertanyaannya apakah ini memang temen saya yang meminta atau orang lain. Beberapa waktu lalu banyak kawan saya menginfokan di feed media sosialnya bahwa WA-nya telah diretas.

Seseorang pasti sudah meretas WA-nya. Itu dugaan saya. Dan benar saja. Di grup WA, salah satu temen saya menginfokan hal yang sama. Disambut dengan temen-temen yang lainnya. Tanpa perlu konfirmasi lebih lanjut, temen-temen sepakat. Ini bukan teman kita.

PD banget lo, sapa tau itu emang temen lo yang emang lagi butuh.

Berdasarkan pengalaman saya, jika beneran temen yang akan pinjam uang biasanya basa-basi dulu. Tanya kabar kek. Lagi ngapain. Anak dah berapa. Gawe dimana. Baru to the point. Gak kayak gini. Ini kayak robot chat yang ngebom spam ke list kontak WA.

Dibalik layar

Setelah berhasil meretas WA seseorang, hal yang pertama kali dilihatnya adalah list kontak. Semakin banyak list kontak yang ada di WA yang diretasnya, semakin senang dia. Jika ada 500 kontak, sampaikan saja salam kesemuanya. “Assalamualaikum”. Jika 10%-nya saja merespon. Itu lebih dari cukup. Tinggal keberuntungan si penipu dan kesialan si baik hati yang akan menjadi sebuah kisah klasik untuk masa depan.

10% dari 500 kontak itu berarti akan ada 50 orang yang akan membalas “waalaikumsalam”. Jika saja 10% dari 50 orang tersebut percaya dan berbudi baik mau membantunya maka itu artinya akan ada 5 orang yang terperdaya. Lumayanlah. Jika masing-masing diminta 2 juta. Itu berarti 10 juta. Dan itu baru dari 1 nomer WA yang diretas, bagaimana jika dia berhasil meretas 10 nomer. Rese.

Kejahatan akan selalu berevolusi mengikuti perkembangan teknologi. Menyasar mereka yang sedang sial. Hati-hati!

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *